20 Tips Agar Tetap Nyaman dalam Penerbangan Jarak Jauh

by Admin

Thursday, 22 August 2019

Bepergian hingga 10 jam di dalam pesawat mungkin terdengar melelahkan. Tubuh terasa pegal, posisi tidur yang tidak nyaman, dan rasa bosan. Inilah 20 tips agar kamu tetap nyaman dalam penerbangan jarak jauh.

Pesan Tiket Lebih Awal

Semakin awal pemesanan, semakin besar peluang kamu mendapatkan kursi yang bagus. Kamu juga akan menghemat uang dengan memesan perjalanan jauh hari sebelumnya.

Pemilihan Kursi

Sebenarnya pemilihan kursi dapat menentukan apakah perjalanan kamu akan menyenangkan atau tidak. Cari tahu di mana letak kursi terbaik di pesawat sebelum memesan tiket.

Periksalah Kursi Sebelum Terbang

Jika kamu tidak mendapatkan kursi yang nyaman saat pemesanan atau online check-in, datanglah lebih awal dan periksa kursi mana yang masih tersedia. Kemudian, tanyakan kepada petugas apakah kamu dapat mengganti kursi. Coba saja dan kamu akan berakhir di kursi dengan ruang kaki ekstra yang nyaman.

Pemilihan Pakaian

Temperatur tidak dapat diprediksi pada penerbangan jarak jauh, mungkin terlalu dingin atau terlalu panas. Jadi kamu harus siapkan keduanya, kenakan bawahan seperti legging, baju katun yang longgar atau cardigan agar tetap hangat.

Sepatu atau Sandal?

Sepatu slip-on bagus untuk alasan keamanan dan kenyamanan. Namun jika kamu ingin mengenakan sepatu bot untuk menghemat ruang di bagasi, kenakanlah kaus kaki yang nyaman sehingga kamu selalu bisa melepas sepatu bot saat mulai merasa tidak nyaman.

Syal!

Bawalah syal untuk tampilan pelengkap yang chic di pesawat. Selain untuk penampilan, syal juga dapat berfungsi sebagai selimut.

Batasi Barang Bawaan

Cobalah untuk tidak membawa terlalu banyak barang dalam penerbangan jarak jauh. Cara yang benar untuk berkemas adalah dengan membawa tas kabin dan tas tangan kecil yang sesuai batasan ukuran serta berat yang diizinkan.

Earplugs

Bawalah earplugs di setiap penerbangan jarak jauh, untuk mengantisipasi jika maskapai tidak memberikannya di pesawat. Earplugs memungkinkan kamu tidur tanpa gangguan dari penumpang yang berisik, bayi yang menangis, dan lainnya.

Eyemask!

Eyemask adalah keharusan pada penerbangan panjang jika kamu berencana untuk tidur. Barang ini sangat berguna karena terkadang lampu akan tetap menyala selama penerbangan atau seseorang di dekatmu mungkin tetap membuka jendela.

Bantal Leher

Tidur dalam penerbangan panjang bisa menjadi tantangan. Memiliki bantal leher yang bagus dapat membuat kamu lebih nyaman saat beristirahat.

Suara menenangkan

Dengarkan beberapa suara yang menenangkan agar siap untuk tertidur. Sebelum kamu terbang, unduhlah beberapa white noise, suara alam, atau jenis suara latar lain.

Kebersihan

Penerbangan 10 jam pun membuat badan terasa kotor. Bawalah mouthwash, sikat gigi, pembersih tangan, deodoran, dan tisu basah agar tetap bersih.

Tetap Terhidrasi

Salah satu cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah membawa botol air pribadi. Kamu tidak harus menunggu 2-3 jam untuk petugas memberikan 100ml air. Ketika mereka datang, bertanyalah apakah mereka bisa mengisi ulang botolmu.

Baterai Penuh

Baterai sekarat di tengah penerbangan tentu menyebalkan. Bawalah powerbank karena banyak pesawat yang tidak memiliki outlet di setiap kursi, terutama jika kamu terbang dalam kelas ekonomi.

Bergeraklah Secara Berkala

Terlalu lama duduk dapat menimbulkan maslah medis. Untuk menghindari risiko kesehatan kamu harus bergerak secara berkala. Kamu bisa sekedar berjalan di lorong atau berdiri di belakang pesawat untuk meregangkan tubuh.

Siapkan Hiburan

Kamu tidak selalu dapat menonton film selama penerbangan. Beberapa maskapai mungkin tidak memiliki TV di kursi. Jadi pastikan untuk membawa beberapa hiburan cadangan, seperti teka-teki silang atau iPad untuk membuat kamu tetap terhibur.

Bawalah Buku

Sisihkanlah sedikit ruang untuk sebuah buku, Selesaikanlah buku yang tidak sempat kamu baca dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatkanlah! Karena di waktu lain kamu tahu akan mengalami banyak gangguan.

Menulis

Menulis menjadi menyenangkan selama di penerbangan. Kamu bisa menulis diary, bucket list selama berlibur atau bahkan kesan pesanmu terhadap sebuah maskapai.

Mengobrol dengan penumpang lain

Penerbangan jarak jauh adalah peluang bagus untuk bertemu orang yang menarik. Mungkin kamu dapat memulai persahabatan dengan sedikit percakapan.

Bawa Snack

Faktor tak terduga lainnya dalam penerbangan jarak jauh adalah makanan. Makanan pesawat tidak selalu lezat. Pada penerbangan jarak jauh, bawalah beberapa makanan ringan seperti snackbar, keripik, atau sandwich.

Setelah menerapkan tips agar selalu nyaman selama penerbangan, terbang jarak jauh bisa membuat kamu keluar pesawat dengan perasaan segar, rileks, dan siap untuk memulai liburan impian dengan sempurna.