7 Alasan Kenapa Anda Harus Kunjungi Tibet

by Admin

Wednesday, 6 March 2019

Liburan ke Negeri Atap Dunia akan menjadi pengalaman berkesan yang tak akan terlupa. Seakan sebuah perjalanan untuk menyingkap misteri Tibet yang penuh magis. Ada banyak alasan mengapa Anda harus mengunjungi sebuah negeri di ketinggian dunia karena letaknya di kaki Gunung Himalaya. Ibu kota Tibet, Lhasa, misalnya adalah tempat Anda bisa melihat langsung ritual keagamaan yang tidak pernah berubah selama ratusan tahun.

1. Melihat kemegahan istana kuno tertinggi di dunia

Sebuah ikon Tibet dengan kemegahan bangunan berwarna merah dan putih, dengan latar langit biru dan gunung kehijauan. Istana Potala dibangun Dalai Lama ke-5 pada tahun 1645. Dulu, istana ini menjadi tempat tinggal Dalai Lama saat musim dingin tiba. Namun sejak Dalai Lama ke-14 tidak lagi berada di Tibet, istana ini dijadikan museum.

Komplek istana terdiri dari istana merah dan istana putih. Istana berdiri di atas Bukit Merah dengan ketinggian 3.700 meter di atas permukaan laut. Inilah istana kuno tertinggi di dunia. Di dalamnya terdapat banyak relik kuno seperti mural, stupa, patung, hingga kitab langka.

2. Melihat padatnya peziarah di vihara Jokhang

Jokhang Temple dianggap sebagai pusat spiritual dari Tibet. Lokasinya berada di pusat kota Lhasa. Kuil indah ini dipenuhi dengan dekorasi bergaya Tibet. Para peziarah dari seluruh Tibet memenuhi vihara ini. Terdapat patung Sakyamuni Buddha hingga mural Buddha di dalam vihara. Pengunjung bisa mengetahui budaya Tibet dan agama Buddha Tibet di vihara ini.

3. Merasakan jalan kaki memutari Barkhor

Jalan Barkhor merupakan jalan tua nan kuno yang mengelilingi vihara Jokhang. Jalanan ini ibarat simbol kehidupan dari kota Lhasa, karena merupakan bagian dari rute ziarah orang-orang Tibet. Pengunjung bisa melihat Lhasa pada era masa kuno dari jalan Barkhor ini. Pastikan saat berada di Barkhor, Anda berjalan sesuai arah jarum jam. Jika tidak yakin ke mana arahnya, ikuti saja arah para penduduk lokal berjalan. Sebagian besar toko menjual perlengkapan untuk beribadah khas Tibet, juga kerajinan seni Tibet seperti lukisan gulung khas Tibet.

4. Mengagumi keindahan Tashilunpo Monastery

Tashilhunpo Monastery merupakan salah satu dari enam biara terbesar dari sekte Gelugpa. Biara ini berdiri pada tahun 1447 oleh Dalai Lama pertama. Ada beberapa bangunan dan fitur menakjubkan di biara ini seperti dinding Thangka dan patung besar Maitreya Buddha. Letaknya di bukit tertinggi di tengah kota Shigatse dan dihuni oleh lebih dari 4.000 biksu dari seluruh penjuru dunia. Ini merupakan satu-satunya vihara yang tidak mengalami kerusakan parah bila dibandingkan dengan vihara lainnya di Tibet akibat dari kondisi alam dan juga perang.

5. Melihat para biksu berdiskusi di Sera Monastery

Sera Monastery merupakan salah satu dari tiga biara terkenal di Tibet. Biara yang dibangun tahun 1419 ini didedikasikan untuk aliran Gelugpa, salah satu aliran dari Buddha Tibet. Pengunjung bisa melihat saat para biksu tengah berdiskusi keagamaan di lapangan biara Sera. Para biksu dengan jubah merah tradisional yang khas berkumpul di lapangan setiap sore. Serunya, mereka berdiskusi sambil menggunakan bahasa tubuh yang unik. Ada banyak mural dan patung indah di lorong bangunan. Selain itu, biara ini merupakan salah satu dari tiga Universitas Biksu Buddha yang terbesar di dunia.

6. Menikmati keindahan Danau Yamdrok

Danau Yamdrok merupakan danau air tawar yang berada tepat di kaki pegunungan Himalaya. Danau ini juga dipercaya memiliki keajaiban kekuatan penyembuhan. Inilah salah satu dari tiga danau suci terbesar di Tibet. Danau yang sangat indah di luar kota Lhasa ini memiliki arti Angsa Suci. Saat cuaca cerah, danau berwarna kehijauan yang jernih tersebut begitu cantik dengan latar belakang pegunungan berpuncak salju.

7. Makan burger Yak

Salah satu kuliner khas Tibet adalah olahan daging Yak, sejenis sapi yang hidup di pegunungan Tibet. Anda akan mudah menemukan Yak berkeliaran di Tibet terutama di padang rumbut dan pegunungan. Salah satu hidangan dari daging Yak adalah burger atau steak.

Jadi tertarik untuk menjelajahi keindahan alam dan merasakan ketenangan nan spritual di Tibet? Anda bisa mengikuti tur di destinasi China rute Tibet yang ada di link berikut ini: https://travelbiz.id/destination/china