Belanja Apa Di Dubai? Ini 10 Suvenir Unik Khas Dubai

by Admin

Thursday, 13 December 2018

Dubai adalah paduan modern dan budaya Emirat yang kental. Kunjungan ke Dubai paling tepat adalah untuk berbelanja. Dari beragam gadget terkini dan busana yang sedang tren, atau berbagai suvenir yang khas budaya Timur Tengah. Jika berlibur atau sekedar transit di Dubai, jangan bingung dan ragu untuk membeli aneka suvenir yang cocok untuk oleh-oleh. Berikut di antaranya.

1. Kurma Dubai

kurma dubai.jpg

Kurma memang identik dengan budaya Timur Tengah. Kurma yang dibeli bisa dalam bentuk segar atau yang sudah dikeringkan. Beberapa perusahaan mengemas manisan kurma dalam kotak cantik yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain ke pasar tradisonal (souk) khusus kurma di Deira, bisa juga mencari toko Bateel yang terkenal menjual aneka jenis kurma berkualitas. Di toko ini bisa ditemukan 20 varian kurma dan manisan yang dibuat dari kurma. Harga yang dijual mulai dari 35 AED.

2. Coklat susu unta

coklat susu unta.jpg

Inilah permen khas Duba. Anda bisa membelinya di souk ataupun di toko khusus menjual permen dan coklat. Salah satunya sebuah perusahaan, Al Nassma, memproduksi permen coklat dari susu unta. Permen coklat ini pun begitu khas Dubai dan tadinya hanya dijual di Dubai saja. Bentuknya pun lucu karena berbentu seperti unta dan dikemas dengan cantik, sangat cocok untuk oleh-oleh. Ada beberapa varian dari permen coklat susu unta, seperti whole milk, 70% cocoa, dengan kurma, dengan isian kacang macadamia, dan rempah. Harganya mulai dari 44 dirham Uni Emirate (AED).

https://www.shutterstock.com/image-photo/shop-traditional-arabic-products-dubai-united-47445907?src=ZW_F2T69rUxuE4oLYwhs4w-1-5

3. Karpet

Karpet khas Persia memang tergolong mahal, tetapi di Dubai harganya bisa lebih murah dibanding di Indonesia. Jadi jika Anda penggemar karpet, mampir ke Dubai bisa menjadi kesempatan untuk membeli karpet berkualitas. Untuk karpet dengan harga terjangkau, kunjungi souk di Dubai, misalnya pasar khusus tekstil. Harganya mulai dari 400 AED.

4. Lampu Aladdin

lampu aladdin.jpg

Aladdin menggosok lampu yang dia temukan dan keluarlah jin yang bersedia mengabulkan permohonannya. Legenda Aladdin begitu tenar dan Anda bisa membawa sekeping legenda ini dengan membeli lampu Aladdin. Lampu ini biasanya terbuat dari kuningan yang diukir dengan hiasan khas Timur Tengah dan berwarna-warnai. Lampu Aladdin tersedia dalam ukuran kecil maupun besar. Anda bisa membelinya di souk seperti di Souk Karama. Harganya mulai dari 30 AED.

5. Attar

attar.jpg

Attar adalah sejenis parfum bebas alkohol yang kerap digunakan perempuan maupun pria di Dubai. Ada beragam aroma yang ditawarkan, Anda bisa memilih sendiri aroma favorit di toko parfum atau souk khusus parfum di Deira. Bahkan beberapa toko menyediakan layanan bagi pelanggan untuk membuat parfum sendiri. Harga yang ditawarkan mulai dari 90 AED.

6. Oudh dan Bakhoor

oudh&bakhoor.jpg

Saat berkeliling Dubai, kemungkinan besar Anda akan mencium wewangian yang khas. Ini adalah aroma dari pengharum tradisional oudh atau bakhoor Keduanya berasal dari tanaman agarwood resin. Bedanya jika oudh merupakan minyak wangi yang mahal terbuat dari damar. Sedangkan bakhoor terbuat dari serpihan kayu agarwood yang dibakar untuk menghasilkan aroma wangi. Harganya lebih murah dibanding oudh. Untuk penyuka pengharum ruangan, oleh-oleh ini tepat untuk diberikan. Harga bakhoor mulai dari 100 AED dan bisa dibeli di souk khusus parfum atau rempah, juga toko-toko parfum di mal.

7. Perhiasan Emas

emas.jpg

Mampir lah ke Dubai Gold Souk atau pasar emas di Dubai. Tempat ini surganya bagi penggemar perhiasan emas. Warga Dubai sendiri kerap berbelanja perhiasan termasuk cincin pernikahan di tempat ini. Ada beragam jenis dan harga yang ditawarkan, jangan lupa untuk menawar. Harga emas ditawarkan mulai dari 110 AED per gram.

8. Teko Kopi khas Arab

Golden arabica coffee.jpg

Kopi Arab begitu khas baik rasanya maupun cara pembuatannya. Sejarah kopi Arab sudah sejak lama dan berkembang di kawasan Timur Tengah. Teko dan cangkir untuk minum kopi Arab ini pun begitu eksotis. Biasanya terbuat dari tembaga dan bisa dipakai untuk sehari-hari. Desainnya juga berwarna-warni dan cantik. Dalam satu set biasanya sudah termasuk teko dan cangkir enam buah. Cangkir berukuran kecil sementara teko berbentuk tinggi. Jika tertarik, bisa membelinya di souk yang tersebar di Dubai dan jangan lupa untuk menawar. Harga ditawarkan biasanya mulai dari 20 AED dan cocok untuk jadi oleh-oleh penggemar kopi.

9. Sepatu Arab

sepatu arab.jpg

Sepatu khas Arab ini memiliki ujung yang meruncing. Bentuknya begitu unik dan mengingatkan pada tokoh-tokoh dari kisah 1001 Malam, seperti sepatu yang dikenakan tokoh Aladdin atau Ali Baba. Untuk pria, ujung sepatu biasanya melengkung ke atas. Ada banyak warna yang ditawarkan dan beragam ukuran, serta dipenuhi hiasan mote. Bisa dibeli di souk khusus untuk tekstil dnegan harga mulai dari 50 AED. Jangan lupa untuk menawar.

10. Pipa Hookah dan Shisha

Pipa hookah dan shisha.jpg

Penggemar shisha bisa membeli hookah dan shisha. Hookah merupakan alat termasuk pipa untuk menghisap shisha. Sementara itu, shisha adalah cairan aromatik yang dihisap melalui alat hookah. Praktek shisha ini begitu populer pada masa lampau di kawasan Timur Tengah. Alat ini bisa dibeli di pasar tradisional maupun supermarket. Harga yang ditawarkan mulai dari 50 AED.