Musim Dingin Di Kota Es Harbin, Ini 3 Acara Wajib Dikunjungi

by Admin

Thursday, 13 December 2018

Liburan musim dingin waktu yang tepat untuk berkunjung ke “Kota Es” di China yaitu kota Harbin. Harbin terkenal karena budaya musim dingin dengan beragam festival bertemakan es dan salju. Inilah kota es sesungguhnya yang seakan sebuah negeri dongeng penuh salju.

Harbin merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang, terletak di timur laut dari dataran China. Harbin terkenal pula sebagai kota budaya dan bersejarah nasional. Uniknya, sejarah dan budaya di Harbin dipengaruhi budaya-budaya asing. Kota ini bagai paduan antara budaya Rusia, Jepang, dan China.

Agenda wajib dikunjungi adalah Harbin Ice and Snow World yang merupakan bagian utama dari Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival. Namun ada tiga acara yang patut kamu hadiri saat berkunjung ke Harbin.

Pameran kelas dunia ini menghadirkan sebuah theme park buatan yang hanya muncul saat musim dingin karena keseluruhan bangunan dan wahana terbuat dari es. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan patung dan bahkan istana yang keseluruhannya terbuat dari es dan disinari dengan tata cahaya nan artistik.

1. Harbin Ice and Snow World

HARBIN ICE AND SNOW WORLD.jpg

Harbin Ice and Snow World merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara dan pameran Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival. Acara ini berawal sejak tahun 1999 dan saat ini menjadi satu dari empat festival es dan salju terbesar di dunia.

Beberapa seni pahat bahkan memiliki ukuran sebesar dua kali lapangan sepak bola. Selain patung es, pengunjung bisa melihat monumen, istana, dan arsitektur gedung. Beberapa "bangunan" es ini bisa dimasuki pengunjung atau bahkan berseluncur di dalamnya. Setiap tahunnya, es-es dipahat sedemikian rupa sesuai tema tahun tersebut.

Kunjungan pada malam hari merupakan salah satu agenda wajib saat mendatangi pameran ini. Sebab, semua bangunan dan patung es diterangi lampu berwarna-warni sehingga tampak begitu indah dan spektakuler pada malam hari.

2. Winter Swimming Performance

Winter Swimming Performance.jpg

Kegiatan musim dingin yang unik di Harbin adalah berenang di Sungai Songhua yang dingin dan nyaris beku. Saat musim dingin, suhu di Harbin mencapai minus 20 derajat. Berenang musim dingin (winter swimming) merupakan olahraga luar ruangan paling populer yang menampilkan kekuatan fisik perkasa dan mental bagai baja para penduduk lokal Kota Harbin.

Para perenang profesional berenang di permukaan Sungai Songhua yang membeku sepanjang 200 meter. Kegiatan ini sukses menarik perhatian turis sebagai sebuah tontonan unik di Harbin. Tak hanya itu, perenang profesional dari berbagai negara juga tertarik berpartisipasi dalam lomba renang musim dingin.

Selain lomba renang, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan menyelam ke sungai dengan aneka gaya, mulai dari gaya nyeleneh sampai gaya anggun. Pertunjukan renang ini tak hanya dilakukan oleh penduduk muda, tetapi juga orang tua. Tempat renang di Sungai Songhua biasanya berlokasi dekat Songhuajiang Road Bridge.

3. Sun Island Snow Carving Expo

SUN ISLAND SNOW CARVING EXPO.jpg

Harbin Sun Island International Snow Sculpture Art Expo merupakan bagian penting dari Harbin Ice and Snow Festival. Kunjugan ke pameran seni pahat salju ini adalah agenda wajib saat tur di Harbin pada musim dingin.

Pameran ini berlangsung di Sun Island dalam waktu yang lama, sekitar 60-70 hari. Pameran menghadirkan hiburan berkualitas tinggi dan skala besar. Tak heran pameran ini disebut sebagai karnival salju terbesar di dunia.

Sun Island dipenuhi panorama putih salju saat musim dingin. Pameran ini menambah suasana Sun Island bagai dunia salju nan magis. Tak sekedar boneka salju biasa, salju-salju dikreasikan sedemikian rupa hingga menjadi patung-patung raksasa dengan detail yang menganggumkan. Ruang pameran menempati lahan seluas 40 hektar dan biasanya dibagi dalam beberapa area tematik.